1. Hasil ujian mahasiswa ditentukan dengan ketentuan jika mahasiswa mendapat nilai ujian>60, maka dinyatakan lulus. Buat program untuk menentukan kelulusan berdasarkan nilai ujian yang diperoleh mahasiswa!
Program Kelulusan_Hasil_Ujian;
uses wincrt;
var
nilai:integer;
keterangan:string[25];
begin
Keterangan:='Selamat Anda Lulus !';
write('Nilai Mahasiswa = ');readln(nilai);
If Nilai<60 then keterangan:='Maaf Anda Belum Lulus !';
write(keterangan);
end.
2. Buat program untuk menentukan apakah bilangan n merupakan bilangan positif, negatif, atau netral !
Program Bilangan_Positif_Negatif_Netral;
uses wincrt;
var bilangan:integer;
begin
write('Masukkan bilangan = '); readln (bilangan);
if bilangan>0 then write ('Bilangan Positif') else
if bilangan=0 then write ('Bilangan Netral') else
write ('Bilangan Negatif');
end.
3. Buat program untuk nilai terbesar!
Program Nilai_Terbesar;
Uses Wincrt;
Var
a,b,c:longint;
Begin
Write ('Masukkan 1: ');Readln(a);
Write ('Masukkan 2: ');Readln(b);
Write ('Masukkan 3: ');Readln(c);
If (a>b) and (a>c) then Write(a);
If (b>a) and (b>c) then Write(b);
If (c>a) and (c>b) then Write(c);
End.
4. Buat program untuk pilihan menu makanan menggunakan if-then…else!
Program Menu_Makanan;
uses wincrt;
var x:integer;
menu:string;
begin
writeln('========================');
writeln('Menu Makanan Rumah Makan');
writeln('========================');
writeln('1. Nasi Goreng');
writeln('2. Mie Goreng');
writeln('3. Nasi Gudeg');
write('Pilih Menu Favoritmu! ');readln(x);
if x=1 then write ('>>Nasi Goreng = Rp 6.000,00') else
if x=2 then write ('>>Mie Goreng = Rp 5.000,00') else
if x=3 then write ('>>Nasi Gudeg = Rp 4.500,00') else
writeln ('Pilihan anda tidak ada dalam menu kami')
end.
5. Buat program untuk pilihan menu makanan menggunakan case…of!
Program Menu_Makanan;
uses wincrt;
var x:integer;
menu:string;
begin
gotoxy(10,1);writeln('========================');
gotoxy(10,2);writeln('Menu Makanan Rumah Makan');
gotoxy(10,3);writeln('========================');
gotoxy(10,5);writeln('1. Ayam Bakar');
gotoxy(10,6);writeln('2. Ayam Goreng');
gotoxy(10,7);writeln('3. Ayam Panggang');
gotoxy(10,10);writeln('Pilih Menu Favoritmu!');
gotoxy(10,12);readln(x);
case x of
1: begin
clrscr;
gotoxy(10,4);writeln('>> Ayam Bakar = Rp 7.000,00 <<');
end;
2: begin
clrscr;
gotoxy(10,4);writeln('>> Ayam Goreng = Rp 7.000,00 <<');
end;
3: begin
clrscr;
gotoxy(10,4);writeln('>> Ayam Panggang = Rp 7.000,00 <<');
end;
end;
end.
6. Buat program untuk mengeja bilangan 1 s.d. 100!
Program Terbilang;
Uses Wincrt;
Var
a,b,c:longint;
Begin
Write('Masukkan Angka: ');readln(a);
b:=a div 10;
c:=a mod 10;
Writeln;
Begin
If (b=1) and (c=0) then write('sepuluh');
If (b=1) and (c=1) then write('sebelas');
If (b=1) and (c=2) then write('dua belas');
If (b=1) and (c=3) then write('tiga belas');
If (b=1) and (c=4) then write('empat belas');
If (b=1) and (c=5) then write('lima belas');
If (b=1) and (c=6) then write('enam belas');
If (b=1) and (c=7) then write('tujuh belas');
If (b=1) and (c=8) then write('delapan belas');
If (b=1) and (c=9) then write('sembilan belas');
Begin
If (b=0) and (c=1) then write('satu');
If (b=0) and (c=2) then write('dua');
If (b=0) and (c=3) then write('tiga');
If (b=0) and (c=4) then write('empat');
If (b=0) and (c=5) then write('lima');
If (b=0) and (c=6) then write('enam');
If (b=0) and (c=7) then write('tujuh');
If (b=0) and (c=8) then write('delapan');
If (b=0) and (c=9) then write('sembilan');
End;
Case b of
2: Write('dua puluh ');
3: Write('tiga puluh ');
4: Write('empat puluh ');
5: Write('lima puluh ');
6: Write('enam puluh ');
7: Write('tujuh puluh ');
8: Write('delapan puluh ');
9: Write('sembilan puluh ');
End;
If b>1 then
Case c of
1: Write('satu');
2: Write('dua');
3: Write('tiga');
4: Write('empat');
5: Write('lima');
6: Write('enam');
7: Write('tujuh');
8: Write('delapan');
9: Write('sembilan');
End;
End;
End.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar