Sabtu, 31 Januari 2015

Pertemuan 1

BAB I
KONSEP DASAR STATISTIKA

A.      Pendahuluan
Deskripsi:
Pemahaman tentang statistika, penggolongan statistika, data penelitian, variabel, jenis-jenis skala pengkuran, dan peran statistika dalam pendidikan.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari bab ini mahasiswa mampu:
1.      menjelaskan definisi statistika dan penggolongannya
2.      menentukan jenis variabel dalam penelitian
3.      menjelaskan jenis-jenis skala pengukuran
4.      menggunakan statistika dalam pendidikan.

B.       Statistik dan Statistika
1.      Statistik
Statistik adalah kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan (Sudjana, 2005).
Secara etimologis, kata “statistik” berasal dari kata status (bahasa Latin), state (bahasa Inggris), staat (bahasa Belanda), yang dalam bahasa Indonesia berarti negara. Pada mulanya, kata “statistik” diartikan sebagai kumpulan bahan keterangan yang mempunyai arti penting dan berguna bagi suatu negara (Sudijono, 2011).
Statistik dapat diartikan sebagai data berupa bilangan atau non-bilangan yang dikumpulkan, ditabulasi, dan digolongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari statistik.
a.       80% mahasiswa PGSD UMK berasal dari Kabupaten Kudus.
b.      Angka kelulusan siswa SD di Kudus tahun 2015 meningkat sebesar 0,4% dari tahun 2014.
Materi selengkapnya tersedia di E-Learning SUNAN. Silakan login menggunakan akun mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar